Waspada Fitnah Popularitas !

Dai kondang, KH Zainuddin MZ, rahimahullah pernah menyampaikan, bahwa ada 3 godaan di dunia ini yang harus Anda waspadai, yaitu harta, tahta (kekuasaan) dan wanita. Kalau boleh saya menambahkan, ada satu godaan besar yang patut diwaspadai saat ini, yaitu popularitas.

Popularitas menjadi godaan berat akhir-akhir ini salah satunya disebabkan oleh terbukanya “kran” informasi yang bisa digunakan siapa saja. Kemajuan internet dan munculnya berbagai media sosial menjadi penopang mudahnya orang menggapai popularitas.

Sungguh menggembirakan bilamana sebuah popularitas didapat akibat kebaikan dan kebermanfaatan yang terekspos. Banyak orang-orang baik yang menjadi populer karena kebaikannya. Ini tidak masalah dan layak disyukuri.  Terlebih kepopulerannya bukanlah sesuatu yang dia sengaja , karena ingin mendapatkan pamrih. Di era sekarang ini, kebaikan-kebaikan yang berusaha kita sembunyikan kadang bocor juga ke pihak luar.

Yang patut diwaspadai adalah keinginan kita menjadi populer dengan cara yang salah. Apalagi jika sampai mengorbankan prinsip yang selama ini menjadi pegangan. Menjadi populer tidak masalah. Asal diperoleh dengan cara-cara yang benar dan tidak merugikan orang lain.

Dari sudut pandang saya selaku pengusaha yang sehari-hari bergelut dengan marketing, ada resep menjadi populer yang bisa Anda lalukan, antara lain :

1. Berikan Manfaat Kepada Orang Lain

Jika di bisnis ada produk yang dijual, maka sama halnya jika Anda ingin populer, maka harus ada manfaat yang menjadi “produk” Anda. Bentuk-bentuk manfaat yang bisa Anda berikan kepada khalayak antara lain : buku, artikel, video, aksi nyata, pembelajaran, pencerahan, kedermawanan, dan sebagainya.

Mereka yang populer bukan karena memberikan manfaat biasanya menggunakan cara-cara yang aneh untuk menjadi terkenal, misalnya membuat kontroversi, memprovokasi, menginjak yang lain supaya dia terangkat, dan sebagainya. Anda tentu bisa membedakan hal ini, bukan ?

2. Marketingkan Manfaat Anda

Saat Anda sudah memiliki “produk” berupa kemanfaatan, maka marketingkan ke audience atau target market Anda.

Gunakan semua media yang bisa menjangkau audience Anda. Entah itu menggunakan website, media sosial, networking, silaturrahmi, dan sebagainya.

Jika Anda punya budget, layaknya sebuah bisnis, gunakan media-media berbayar agar mudah menjangkau target audience Anda. Anda bisa menggunakan facebook ads, google adword , dan media berbayar lainnya

Sebenarnya, jika Anda benar-benar memberikan manfaat yang besar bagi khalayak, maka tanpa Anda sebarkanpun informasi tentang kebaikan Anda secara otomatis akan tersebar.

3. Ikhlas

Apapun yang Anda lakukan, gunakan ikhlas sebagai penopangnya. Inilah yang akan menyelamatkan amal kebaikan Anda. Jangan asal bertindak tanpa ditopang keikhlasan yang menyebabkan amal Anda sia-sia. Percuma Anda populer dan punya segudang amal kebaikan, tapi semua itu tidak ada nilainya di mata Allah Subhanahu Wataala. Jika keikhlasan menjadi pondasi amal, maka Anda akan hati-hati dalam melangkah, termasuk menjalankan aktivitas nomor 2 di atas.

Tiga jurus itu sudah cukup menjadikan Anda populer karena kebaikan yang Anda lakukan.

Terakhir, saya mengingatkan diri saya sendiri dan Anda semua untuk selalu waspada akan fitnah popularitas. Dan jika memang ingin menjadi populer, maka populerlah dengan cara yang baik.

Semoga bermanfaat !

#freeWriting32

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top