Saya Tidak Pernah Gagal Dalam Bisnis

Beberapa hari lalu, saya membaca sebuah buku yang mengutip perkataan seorang pengusaha kenamaan, Bob Sadino. Pengusaha nyentrik yang telah meninggal dunia ini mengatakan,”Saya tidak pernah gagal dalam bisnis. Karena saya memulai bisnis dari nol. Kalaupun usaha saya bangkrut, maka sebenarnya saya impas”.

Pernyataan tersebut layak untuk kita renungkan. Saya sendiri berusaha untuk mengambil pelajaran dari Bob Sadino tersebut menjadi beberapa point, antara lain :

1. Miliki Sifat Berani Dalam Bisnis

Saat memulai dan mengembangkan bisnis, maka sifat berani harus Anda miliki. Tanpa keberanian biasanya seseorang akan takut untuk memulai bisnisnya. Dan bagi yang sudah punya bisnis, tanpa keberanian akan mustahil dia akan bisa bergerak mengembangkan bisnisnya.

Keberanian untuk bertindak adalah modal awal untuk meraih sukses. Betapa banyak orang yang secara pengetahuan dan keilmuan sangat mempuni. Namun sayangnya dia miskin secara tindakan. Hal ini disebabkan adanya hambatan mental yang berupa ketakutan, khususnya ketakutan akan kegagalan.

Berani memulai dan berani bertindak bukanlah keberanian yang asal-asalan. Keberanian yang dimaksud tentu saja keberanian yang ada kalkulasinya. Keberanian yang ada hitung-hitungannya dan keberanian yang ditopang oleh pengetahuan yang mendalam akan segala konsekuensi.

2. Memulai bisnis modal kecil

Memulai bisnis modal kecil, atau orang biasa menyebut modal ‘nol’, menjadikan Anda akan lebih berani dalam memulai bisnis. Ketakutan dalam memulai bisnis, salah satunya disebabkan oleh bayang-bayang kegagalan. Ketika Anda memulai bisnis dengan modal kecil, maka ketakutan Anda akan pudar.

Saya sendiri selalu memyarankan kepada siapa saja yang ingin memulai bisnis untuk menggunakan modal kecil dan menghindari modal besar. Sehingga ketakutan akan kegagalan hilang, karena dengan modal kecil tidak akan memberatkan jika seandainya bisnisnya gagal.

Berapakah nilai modal kecil yang saya maksud ? Relatif ! Artinya, makna “kecil” bagi setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang menganggap uang satu juta sebagai modal yang kecil. Namun tidak sedikit yang menganggap uang satu juta sebagai modal yang besar. Karena itu “modal kecil” yang saya maksud disini berkaitan dengan kesanggupan Anda dalam menanggung faktor resiko kegagalan. Secara ringkas, modal kecil artinya nilai modal yang jika modal itu hilang akibat kegagalan bisnis, tidak menyebabkan Anda mengalami kesulitan lahir dan batin. Bagi pengusaha yang mapan, modal ratusan juta, bahkan milyaran, akan terasa kecil.

3. Miliki Sikap Positif Saat Gagal

Gagal itu sangat biasa dalam bisnis. Bagi saya pribadi yang sudah 15 tahun menjalani bisnis, gagal itu sering menghampiri. Kegagalan bisnis bukan hanya berbentuk bisnis tutup, bangkrut, atau ditipu oleh partner. Tapi bentuk kegagalan dalam bisnis bisa berupa kegagalan kecil yang tidak “mematikan”, seperti kecurian, konsumen nakal, gagal iklan, salah pilih produk, barang rusak, dan segudang kegagalan kecil lainnya yang tidak memyebabkan bisnis bangkrut

Anda bisa bayangkan, jika seorang pengusaha memiliki sikap negatif menghadapi kegagalan, maka betapa sedih hari-harinya.

—-

itulah tiga pelajaran yang saya petik dari kalimat singkat om Bob Sadino di atas. Mungkin ada pelajaran lain yang bisa Anda dapatkan ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top