Saya Tidak Ingin Gagal Dalam Bisnis

Siapa sih yang ingin gagal dalam bisnis ? Semua orang pasti ingin sukses dalam bisnis dan dalam bidang kehidupan yang lainnya. Tidak ada orang di dunia ini yang ingin kehidupannya gagal. Karena itulah saya memberi judul artikel ini dengan “Saya Tidak Ingin Gagal Dalam Bisnis”

Bicara tentang kegagalan dalam bisnis, yang sering dibahas kebanyakan penulis dan motivator bisnis adalah gagal untuk mempertahankan sebuah bisnis yang baru dimulai. Biasanya berpedoman dengan data statistik tingkat kegagalan bisnis berdasar berapa lama sebuah bisnis bisa bertahan. Maka muncul berbagai penelitian prosentase kegagalan bisnis dalam hitungan tahun. Dari data tersebut disimpulkan bahwa tingkat kegagalan bisnis sangat tinggi.

Namun ternyata, selain kegagalan bisnis yang dilihat dari sudut pandang eksistensi bisnis di atas, terdapat pula kegagalan bisnis versi lain. Yaitu kegagalan bisnis ditinjau dari ketidakmampuan sebuah bisnis untuk mencapai potensi maksimalnya. Artinya ketika sebuah bisnis sebenarnya mampu tumbuh besar, namun pada kenyataannya bisnis itu tidak berkembang, maka bisnis tersebut dianggal gagal. Gagal dalam arti gagal mencapai potensi maksimalnya. Sehingga Anda akan lihat, betapa banyak UKM yang sejak berdiri 10 tahun lalu sampai sekarang omzetnya stagnan, bahkan cenderung menurun. Sementara ada perusahaan besar yang memiliki produk dan dan dengan target market yang sama terus tumbuh dan mendominasi pasar.

Penyebab dari gagalnya sebuah usaha menjadi besar ada banyak faktornya, misalnya sklill bisnis yang kurang, permodalan, regulasi, sosial politik dan sebagainya.

Di artikel singkat ini saya hanya ingin menunjukkan bahwa kegagalan sebuah bisnis itu bukan semata berkaitan dengan eksistensinya, melainkan juga ada bentuk kegagalan lain, yaitu gagal mencapai potensi maksimal. Dengan kata lain perusahaan semacam ini gagal tumbuh. Maka jangan heran, jika jumlah UKM terus meningkat. Namun tidak dibarengi dengan peningkatan skala bisnisnya (scale up). Ini tentu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, khususnya pemerintah dan para pemberdaya UKM

Jika melihat data kegagalan usaha ditinjau dari sisi eksistensinya, maka Anda sudah tahu bahwa prosentase bisnis yang gagal itu besar. Namun jika  Anda melakukan penelitian berapa jumlah UKM yang gagal tumbuh, maka saya yakin jumlahnya akan lebih besar lagi

Semoga akan selalu bermunculan para pejuang dan pemberdaya UKM di Indonesia untuk turut mengatasi masalah ini

#FreeWriting10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top