Rumus Sukses 21/90

 

Ini rumus favorit yang bisa diterapkan di berbagai area kehidupan, apakah itu bisnis, kesehatan, keluarga, pekerjaan, relationship dan lain-lain. Ini rumus sukses yang keren menurut saya.

Rumus ini berbunyi : “It takes 21 days to create a habit. It takes 90 days to create a lifestyle”. ( butuh waktu 21 hari untuk membangun sebuah kebiasaan. Dan butuh waktu 90 hari untuk menjadikannya gaya hidup)

Maksudnya adalah Anda membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membangun sebuah kebiasaan baru. Sementara jika kebiasaan itu berlanjut hingga 90 hari, maka kebiasaan itu sudah menjadi gaya hidup yang sulit Anda tinggalkan.

Misalnya saja, Anda ingin tubuh langsing dan ingin membiasakan diri untuk olah raga. Karena olah raga belum menjadi kebiasaan, maka di awal akan berat dijalankan. Lakukan olah raga dan paksa terus melakukannya hingga 21 hari, maka lama-lama olah raga menjadi ringan, karena karena menjadi kebiasaan. Lakukan terus hingga 90 hari, maka akan olah raga menjadi gaya hidup yang sulit ditinggalkan

Angka 21 hari dan 90 hari inj bukan angka pasti. Karena masing-masing orang akan berbeda jangka waktu dalam mengubah kebiasaan. Ada orang yang mudah mengubah kebiasaan, ada juga orang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengubah dan membangun habit.

Rumus ini sepertinya sudah banyak digunakan di program diet. Saya pernah baca teori ini di bukunya Jack canfield “Success Principle”, beberapa tahun lalu.

Penerapan di bisnis, bisa Anda coba untuk melatih diri menjalankan kebiasaan-kebiasaan orang-orang sukses. Misalnya : kebiasaan membaca buku, kebiasan berpikir strategis, kebiasaan disiplin waktu, dll

Lebih menarik sebenarnya mengaitkan teori ini dengan moment Ramadhan yang segera berakhir ini. Anda sebenarnya sudah membangun banyak kebiasaan sukses para calon penghuni surga, misalnya

1. Kebiasaan puasa
2. Kebiasaan sholat berjamaah
3. Kebiasaan baca Al Quran
4. Kebiasaan qiyamu lail
5. Kebiasaan sedekah dan zakat
6. Kebiasaan bangun pagi (sahur)
7. Kebiasaan disiplin waktu (sahur, buka, tarawih, sholat jamaah selalu tepat waktu)
8. Kebiasaan sabar
9. Kebiasaan berbuat baik
10. Kebiasaan menghindari dosa
11. Kebiasaan menunda kesenangan
13. Kebiasaan bersosialisasi
14. Dan banyak lagi

Karenanya, jangan sia-siakan kebiasaan yang sudah Anda bangun selama sebulan ini. Bukan 21 hari lagi lho, sebulan penuh. Pertahankan kebiasaan hingga bisa menjadi lifestyle. Kalau kita berhasil mempertahankan kebiasaan-kebiasaan di atas, wah luar biasa.

Smoga kita semua bisa membangun habit yang baik untuk kesuksesan dunia dan akhirat kita

—-
Orang mengatakan “sukses itu memiliki pola”. Dan pola itu wujud nyatanya ya habit (kebiasaan) itu.

Al Arif
Founder Maksindo Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top