Perhatikan Kompetitor, Fokus Kepada Customer

Jeff Bezos (pendiri Amazon) mengatakan :”Jika kita berhasil menjadikan kompetitor  fokus kepada kita, dan sementara kita fokus memperhatikan customer, maka kita berada di jalan yang benar”.

Saya sepakat dengan apa yang disampaikan oleh bos Amazon di atas. Jika kita ingin sukses, maka kita harus fokus kepada customer. Apa-apa yang memjadi kebutuhan dan keinginan customer harus menjadi perhatian Anda. Anda barus bisa menyelami seperti apa kehidupan customer, sehingga Anda menjadi sangat paham  apa saja yang menjadi impian mereka

Namun sayangnya, banyak diantara sahabat UKM yang salah fokus. Bukannya fokus untuk memahami kebutuhan dan keinginan custuomer, melainkan fokus mengamati gerak-gerik kompetitor. Apapun yang dilakukan okeh kompetitor selalu diikuti dengaj membabi buta. Waktu Anda akhirnya habis untuk kompetitor, dan tidak sempat lagi memikirkan customer. Padahal apa yang dilakukan oleh kompetitor itu belum tentu benar dan belum tentu cocok untuk bisnis Anda.

Jika hari-hari Anda hanya fokus untuk mengamati dan meniru kompetitor, maka perusahaan Anda hanya akan menjadi follower. Perusahaan Anda hanya sekedar “Me too”, alias pengekor. Karena Anda selalu berusaha menjadi semisal dengan kompetitor. Inovasi otentik yang berguna bagi customer tidak sempat lagi Anda lakukan. Dan akhirnya Anda menceburkan diri dalam arena persiangan yang berdarah-darah bersama kompetitor.

Sebenarnya tidak salah ketika Anda mewaspadai gerak-gerik kompetitor Anda. Karena bagaimanapun juga kompetitor bisa merebut pangsa pasar Anda, dan bahkan bisa mematikan usaha Anda. Hanya saja, Anda harus berpikir strategis untuk kelangsungan bisnis Anda. Silahkan saja untuk mengawasi kompetitor, namun hendaknya itu tidak terlalu berlebihan sehingga  mengabaikan strategi yang lebih menjamin Anda bisa lebih sukses, dengan fokus kepada customer

Yang perlu Anda sadari bahwa, kompetitor memang terus bergerak menjadi lebih baik. Namun jangan lupa, customer Anda juga terus mengalami perubahan. Jika Anda terlewat sekejap untuk memperhatikan customer Anda, maka kompetitorlah yang akan memperhatikan mereka. Dengan kata lain, jika Anda tidak mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh customer, maka orang lainlah yang akan melakukannya.

Karena itulah, Anda tetap wajib untuk memperhatikan kompetitor. Namun jangan lelah untuk selalu fokus kepada customer Anda.

 

#FreeWriting25

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top