Pentingkah Bisnis Plan Untuk UKM ?

Semua diantara kita pasti tahu, bahwa seorang yang melakukan setting goal, akan lebih mudah untuk meraih apa yang diinginkan. setting goal adalah teknik mencapai tujuan dengan cara menuliskan apa yang diinginkan. Menuliskanpun yang lebih bagus menggunakan tulisan tangan di atas kertas, bukan di komputer atau di hanphone. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menuliskan goal yang diinginkan akan lebih mudah berhasil dibandingkan mereka yang tidak menuliskan goalnya. Penelitian juga menunjukkan, mereka yang menuliskan goalnya memiliki penghasilan 10 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak menuliskan goalnya di masa mendatang

Jika saya ditanya, apakah membuat bisnis plan bagi UKM itu penting atau tidak, maka jawabannya pastilah PENTING. Bisnis plan ibaratnya sama dengan goal yang Anda tulis. Bisnis plan akan menjadikan Anda lebih mudah berhasil dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki tujuan di otak atau pikirannya. Perencanaan tertulis yang tertuang di bisnis plan, akan menjadi pemandu bagi pengusaha untuk mencapai tujuannya

Anda bisa bayangkan, seorang yang ingin bisnisnya tumbuh, namun tidak memiliki rencana tertulis, maka ia akan kesulitan dalam mewujudkan keinginannya itu. Goal yang hanya sebatas di otaknya atau di pikirannya tidaklah bisa dijadikan pegangan. Goal dalam pikiran tidak akan diketahui teamnya yang seharusnya bisa membantu untuk mencapainya.

Karena itu, penting dan wajib bagi UKM untuk membuat bisnis plan. Bisnis plan tidaklah harus dalam bentuk yang rumit dan lengkap layaknya bisnis plan yang dimiliki oleh perusahaan besar. Bisnis plan UKM bisa dalam bentuk sederhana. Yang penting rencana-rencana yang menjadi goalnya dalam bentuk tertulis. Syukur-syukur bisa membuat bisnis plan dalam bentuk yang komplit.

Dengan memiliki bisnis plan, maka perjalanan bisnis ke depan menjadi lebih terarah dan lebih fokus. Sehingga, apa-apa yang menjadi keinginannya bisnis lebih mudah tercapai. terlebih perusahaan yang sedang tumbuh dan ingin lebih sukses lagi di tahun-tahun mendatang, maka rencana tahunan (annual plan) juga wajib selalu dibuat.

Jadi pentingkah bisnis plan bagi UKM ? Jawabannya sudah pasti penting. Walaupun di awal-awal memulai usaha Anda sama sekali tidak memiliki rencana tertulis, namun mulai hari ini, biasakan untuk membuat plan tertulis dalam setiap langlah. termasuk dalam membuat rencana kerja tahuan dari bisnis Anda (annual plan).

Yuk menjadi UKM yang lebih berdaya dan lebih terencana dengan membuat planning dalam setiap aktivitas perusahaan.

Salam sukses !

#freewriting3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top