Menulis Untuk Diri Sendiri

Mungkin Anda tidak tahu, bahwa blog ini sebenarnya sudah ada cukup lama. Saya lupa tepatnya, nanti saya cek di whois.net (hehe). Blog ini dulunya sudah memuat banyak artikel yang saya tulis. Domain dan hosting sempat expired. Karena saya lupa memperpanjang hosting dan lupa backup data tulisan, sehingga ketika saya perpanjang domain, data hosting hilang. Dan saya malas untuk mencarinya. Jadinya blog ini menjadi seolah blog baru.

Jika Anda lihat tulisan blog ini, maka Anda akan temukan bahwa awal saya menulis lagi adalah pertengahan bulan Desember 2017. Sehingga seolah blog ini adalah blog baru. Tulisan lama saya tidak tercantum di blog ini, karena blog ini menggunakan hosting yang berlainan dengan yang lama. Saya juga tidak ingat, berapa banyak tulisan saya di blog sebelumnya.

Namun saya bersyukur, dengan hadirnya semangat saya untuk menulis akhir-akhir ini. Sehingga blog ini seolah akan bangkit dari “kematiannya”. Saya akan berkomitmen untuk menulis di blog ini minimum satu artikel per hari. Ini komitmen saya. Jika saya lupa atau dengan alasan apapun tidak menulis dalam suatu hari, misalnya karena sibuk, maka saya akan menggantikannya di hari yang lain. Ini sebagai wujud komitmen saya untuk menulis artikel tanpa henti, dengan target satu artikel per hari. Seperti yang saya lakukan saat ini, dimana saya lupa menulis artikel kemaren karena sibuk. Maka hari ini saya menulis artikel ini sebagai ganti artikel kemaren dan harus menulis juga satu artikel lagi untuk artikel hari ini

Panjang artikel di blog saya ini saya targetkan minimum 300 kata per artikel. Ini saya kerjakan sekitar 10 menit. Saya menggunakan teknik free writing, yaitu menulis apa yang saya pikirkan dengan kecepatan yang saya bisa. Saya tidak akan melakukan pengeditan secara mendalam terhadap artikel yang saya tulis. Target saya, ketika Anda baca artikel, maka Anda akan paham. Dengan pengeditan ala kadarnya, maka Anda akan menemukan banyak kesalahan ketik dan struktur bahasa yang salah. Atau bisa juga Anda akan banyak menemukan alur penulisan yang kurang bagus… hehehe

Karena memang saya sebenarnya menulis artikel di blog ini pada hakekatnya adalah menulis untuk diri sendiri. Saya menganggap menulis harian di blog ini adalah menulis untuk diri saya sendiri. Walaupun pada kenyataannya, mungkin suatu saat tulisan saya ini akan ada yang membacanya dan merasakan manfaat.

Karena kegiatan menulis di blog ini adalah kegiatan menulis untuk diri sendiri, maka Anda bisa lihat, bahwa tema tulisan di blog ini juga suka-suka saya.  Judulnya juga suka-suka saya. Bahasanya juga suka-suka saya. Saya tidak mentargetkan tulisan saya dibaca banyak orang. Sehingga saya tidak menggunakan teknik SEO, copywriting atapun teknik-teknik persuasi yang biasa saya gunakan saat di bisnis. Dan saya juga tidak mempublikasikan tulisan saya ini dengan berbagai cara agar banyak dibaca orang lain, misalnya dengan facebook ads, google adwords atau dengan memposting di puluhan akun fanpage yang saya punya.

Ada banyak manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan menulis.  Salah satunya adalah kemanfaatan untuk diri sendiri. Misalnya dengan menulis, maka saya akan lebih paham dengan apa yang sedang saya pelajari. Karena sebagian dari tulisan di blog ini adalah hasil dari pembelajaran saya pada hari itu. Ketika saya membaca buku, maka salah satu teknik yang saya gunakan agar saya bisa lebih mudah memahaminnya adalah dengan kembali menuliskannya di blog ini. Dengan menulis, maka ingatan akan semakin kuat. Dan dengan menulis, pemahaman terhadap apa yang saya pelajari akan semakin baik.

Itulah mengapa, saya menganggap kegiatan menulis di blog ini sebagai kegiatan menulis untuk diri sendiri. Karena pada kenyataannya, kegiatan menulis ini memberikan manfaat besar bagi saya sendiri. Walauapun suatu saat saya yakin akan bermanfaat juga bagi orang lain.

#FreeWriting13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top