Mau Memulai Bisnis, Ide atau Market dulu ?

Pertanyaan yang cukup menggelitik dan penting untuk diketahui jawabannya, khususnya bagi yang ingin memulai bisnis, adalah dalam memulai bisnis itu yang kita pikirkan ide bisnis atau market dulu? Apakah kita mendahulukan mencari ide produk atau ide bisnis, ataukah menentukan target market (mencari pasar) ?

Apa kira-kita jawaban Anda ? Cari ide dulu? Ataukah cari market dulu ?

Apapun jawaban Anda, semuanya benar. Namun, kedua jawaban akan membawa konsekuensi masing-masing.

Bagi yang sudah jago di bisnis, memang tidak masalah menggunakan pendekatan keduanya. Yaitu apakah dia mau memulai bisnis baru dengan mencari ide bisnis ataukah mencari marketnya terlebih dahulu. Apapun pilihannya, orang yang sudah jago bisnis akan bisa melakukannya.

Lain lagi jika Anda baru memulai bisnis pertama kali. Bagi Anda yang masih pemula di bisnis, saya menyarankan Anda mencari dan menentukan target market terlebih dahulu, dibanding dengan mencari ide bisnis. Mengapa demikian? Karena dengan mencari dan menetapkan target market terlebih dahulu, maka Anda akan lebih mudah memulai bisnis dan lebih mudah untuk sukses. Kegagalan juga akan lebih kecil.

Ketika Anda sudah memiliki target market, maka Anda juga akan lebih mudah mencari ide yang tepat untuk market tersebut. Dan ide yang Anda temukan adalah ide yang sesuai dwngan target market. Berbeda sekali jika Adna memulai mencari ide tanpa tahu siapa target market Anda, maka Anda akan menemukan banyak sekali ide yang sifatnya acak. Coba saja Anda menyediakan waktu selama 10 menit untuk mencari ide, maka Anda akan menemukan puluhan ide bisnis. Namun sayangnya ide bisnis yang Anda temukan itu banyak yang tidak Bisa di eksekusi karena, berbagai keterbatasan. Mulai dari terbatasnya modal, terbatas sumber daya, tidak tahu marketnya dimana, dan hambatan lainnya.

Berbeda jika misalnya Anda menyediakan waktu 10 menit untuk mencari ide dan Anda sudah tahu segmen pasarnya. Misalnya saja segmen pasar yang hendak Anda bidik adalah wanita yang punya anak, usia 30-40 tahun, lokasi di Jakarta selatan, muslimah, golongan ekonomi menengah ke atas, pekerjaan karyawan. Maka dari data target market ini Anda sudah bisa membayangkan kira-kira ide bisnis apa yang bisa Anda jalankan. Anda tidak lagi ngawur hanya sekedar mencari ide yang tidak bisa dieksekusi. Ide bisnis Anda juga lebih mudah dieksekusi karena Anda sudah tahu marketnya.

Dan berdasarkan pengaamatan saya, banyak pemula yang ingin memulai bisnis, namun tidak pernah menjadi kenyataan disebabkan oleh kebingungan dia dalam mencari ide bisnis. Sebenarnya jika dia mencari target market dulu, baru memilikirkan ide bisnis, maka sebenarnya akan lebih memudahkan dia dalam memulai bisnis. Ide bisnis itu berlimpah, hanya saja jika Anda tidak tahu market dan tidak mampu menjangkaunya, maka akan menyulitkan Anda dalam eksekusi. Jadi jika Anda ingin memulai bisnis, tetapkan target market dulu, lalu cari ide bisnis yang tepat untuk market tersebut.

Bagi yang sudah jago bisnis dan jago marketing, maka memulai bisni dari ide boleh-boleh saja. Karena orang seperti ini tahu dimana dan bagaimana menjual produk apapun

Semoga bermanfaat !

#FreeWriting21

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top