Ingin Jadi Penulis Handal ? Lakukan Free Writing

Beberapa hari belakangan ini, tepatnya sudah hari ke enam, saya menjalankan aktivitas menulis yang disebut dengan FREE WRITING. Sesuai dengan namanya free writing adalah berarti menulis bebas. Free writing adalah teknik menulis dengan cara menulis bebas apa yang ada di pikiran.

Saat melakukan Free writing ini, saya menulis dengan membatasi waktu selama 10 menit menggunakan timer. Saya terus menulis dalam waktu sepuluh menit itu tanpa henti. Apa yang ada di pikiran saya langsung tuangkan ke dalam tulisan. Saya juga tidak melakukan pengeditan saat menulis. Proses pengeditan yang dilakuan berbarengan dengan menulis akan menghalangi proses menuls itu sendiri. Anda akan lihat jejak-jekak kesalahan penulisan yang ada di tulisan saya di blog ini, karena kadang saya biarkan tanpa proses editng dan langsung saya Posting. Sehingga akan terlihat banyak kesalahan penulisan kata di beberapa postingan sebelum ini

Dalam waktu 10 menit, biasanya saya bisa menulis artikel sebanyak 250-350 kata. Jika free writing menggunakan perangkat laptop, jumlah kata lebih banyak. Sementara jika free writing menggunakan hp, maka jumlah kata menjadi lebih sedikit. Maklum saja, karena saat menggunakan hp, maka pada saat mengetik hanya menggunakan dua ibu jari.

Free writing ini dalam prosesnya mengutanakan kuantitas hasil tulisan, dan bukan mengejar kualitas tulisan. Maka jangan heran jika tulisan saya ini adalah tulisan ringan. Dalam Free writing, Anda bebas menuliskan apa saja. Free writing melatih otak dan juga jari untuk menyusun kata demi kata hingga terangkai menjadi tulisan yang enak dibaca dan mudah dipahami

 

Saya pribadi merasakan dampak yang positif setelah menjalankan free writing selama seminggu ini. Saya merasa lega dan bahagia setiap kali menyelesaikan tulisan free writing selama 10 menit setiap harinya. Saya berharap, dengan membiasakan free writing, kualitas tulisan saya akan semakin bagus

Jujur saja, saya menjalankan free writing ini bertujuan agar kemampuan menulis saya semakin baik. Tidak ada hambatan mental dalam proses penulisan. Dan pada akhirnya, goal saya untuk bisa menjadi penulis buku segera tercapai.

 

Topik yang saya tulis dalam latihan free writing ini ada beberapa tema. Namun secara umum, saya lebih menyukai untuk menulis artikel-artikel tentang bisnis. Karena itu, jangan heran jika ke depan blog ini akan didominasi oleh tulisan yang berhubungan dengan bisnis. Karena memang sehari-hari saya banyak mengelola bisnis saya.

 

Saya sudah membaca beberapa buku tentang kepenulisan. Dan saya juga sudah mengikuti beberapa workshop tentang penulisan. Baik buku maupun workshop, keduanya menyarankan untuk menjalankan free writing jika Anda ingin memperbaiki skill menulis Anda. Jika tulisan Anda sudah bagus, maka menjadi penulis yang hebat bukan lagi sekedar impian. Jadi bisa disimpulkan, bahwa jika Anda ingin menjadi penulis yang handal, maka lakukan free writing secara reguler.

Mari berlatih menulis dengan cara free writing. Saya menulis artikel ini juga dengan cara free writing.

 

#freeWriting7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top