Hadapi Masalah, Dan Temukan Peluangnya

Adakah di dunia ini ada orang yang tidak pernah menghadapi masalah ? Adakah manusia yang sejak mulai lahir, lalu dewasa dan akhirnya meninggal, tanpa menghadapi masalah apapun ? Jawabannya sudah pasti tidak ada. Semua manusia yang pernah lahir ke dunia ini, apapun kedudukan dan seberapapun kekayaannya, pasti punya masalah.

Masalah itu datang silih berganti. Mulai dari masalah kecil, misalnya ban bocor, hingga masalah besar semisal kehilangan orang yang Anda sayangi. Masalah kadang datang bisa diprediksi, namun sebagian besar justru masalah datang tanpa kita harapkan.

Bagaimana seharusnya kita menyikapi masalah yang datang ? Sikap Anda dalam menghadapi masalah menentukan apa yang akan Anda terima. Orang-orang yang tidak siap menghadapi masalah dan bersikap negatif, maka hasilnya juga negatif. Dan bahkan akan sangat merugikan dirinya

Orang-orang yang sukses memiliki pola yang berbeda dalam setiap menghadapi masalah. Jika orang biasa menganggap masalah sebagai beban, maka orang sukses menganggap masalah sebagai tantangan. Ketika masalah dianggap sebagai tantangan yang harus dilalui dan diselesaikan dengan baik, maka saat tantangan itu datang dihadapinya dengan sikap optimis dan penuh rasa tanggung jawab.

Tantangan yang datang, yang notabene membawa kesulitan, sebenarnya memberikan pembelajaran yang baik bagi mental. Sebagaimana tubuh fisik Anda yang terlatih, mental juga membutuhkan latihan untuk bisa menguat dan siap menghadapi tantangan yang lebih besar. Orang-orang yang biasa ditempa kesulitan dan berhasil menghadapinya dengan gagah berani, memiliki mental positif yang terlatih untuk menghadapi tantangan yang sama atau bahkan lebih besar.

Sementara, seseorang yang tidak pernah terlatih secara mental dalam menghadapi tantangan, maka dia akan gagap saat tantangan itu muncul. Jika dia tidak siap dan bersikap negatif, maka tantangan yang ada akan justru menjadikan dia terpuruk.

itulah pentingnya memiliki sikap yang benar dalam menghadapi masalah atau tantangan dalam hidup.

Berdasarkan pengalaman, ada sisi menarik dari setiap masalah (baca: tantangan) yang saya hadapi. Sisi menarik itu adalah persepsi yang saya bangun terhadap setiap tantangan yang saya hadapi. Saya menganggap, setiap masalah yang menyulitkan dalam hidup akan membawa peluang dan kemudahan. Saya yakin dalam setiap masalah ada peluang. Setiap ada kesulitan, ada kemudahan.

Dengan keyakinan seperti ini, maka ketika ada masalah yang datang, kadang saya justru memendam harapan dan kalau boleh saya bilang kebahagiaan. Karena saya tahu, setelah kesulitan berlalu, biasanya ada kemudahan dan peluang yang menanti. Ada salah satu bisnis saya yang cukup menghasilkan bermula dari adanya masalah. Demikian juga produk-produk yang saya kembangkan, sebagian juga berawal dari kesulitan yang saya hadapi atau yang orang lain hadapi.

Masalah dan kesulitan kadang memang sangat menyakitkan. Bayangkan saja, misalnya Anda ditipu rekan bisnis ratusan juta. Tentu Anda akan merasa sedih dan merasa didholimi. Anda merasa sakit hati dan sulit untuk melupakannya. Namun percayalah, tidak ada kejahatan di dunia ini yang langgeng. Semua akan menemukan keadilan pada waktunya. Bersikaplah positif. Perkuat mindset bahwa segala kesulitan membawa kemudahan. Segala tantangan, membawa peluang.

Ketika Anda meyakini bahwa masalah yang datang membawa peluang, maka sebenarnya Anda punya pilihan ketika menghadapi masalah. Pilihan terpuruk atau pilihan mendapatkan peluang ? Itu terserah Anda.

Di atas sudah saya singggung, bahwa mental mirip dengan fisik yang membutuhkan latihan agar kuat. Kalau fisik latihannya berupa olah raga. Maka mental yang kuat merupakan hasil dari latihan menghadapi masalah dan kesulitan. Tahukah Anda, sebagian masalah yang Anda hadapi itu sifatnya berulang. Misalnya saja Anda kehilangan uang atau tidak punya uang, ditinggal pergi karyawan atau rekan bisnis, produk tidak laku, ditipu, dan sebagainya. Masalah yang datang itu-itu saja, hampir sama atau mirip. Sehingga jika Anda sebelumnya berhasil menghadapi masalah tertentu, lalu datang lagi di kemudiaan hari, tentu Anda akan jauh lebih mudah menghadapi masalah yang berulang tersebut. Jadi singkatnya, mindset yang perlu Anda kembangkan saat menghadapi masalah adalah jadikan latihan, agar suatu saat jika datang lagi, Anda akan lebih siap dan lebih mudah mengatasinya.

Semoga bermanfaat !

#FreeWriting19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top