Customer Adalah Target Yang Bergerak

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bagian dari strategy marketing adalah segmentasi dan targetting. Segmentasi berarti Anda dalam bisnis tidak membidik semua orang, melainkan pada segmen tertentu yang memiliki ciri homogen. Dan pada akhirnya, Anda menentukan target yang spesifik dari segmen tersebut, supaya program marketing yang Anda jalankan lebih fokus dan Anda bisa unggul serta bisa memenangkan persaingan.

Namun jangan salah, manakala Anda sudah memilih sebuah target market. Jangan dulu jumawa ketika saat ini Anda sudah berhasil menakhlukkan sebuah target market. Jangan senang dulu ketika saat ini bisnis Anda laris manis dan Anda bisa menjadi pemimpin pasar di sebuah target market. Anda harus tetap waspada dan selalu memberikan perhatian penuh kepada target market Anda. Karena target market Anda sebenarnya adalah target yang bergerak. Ibaratnya Anda adalah seorang pemburu yang sedang membidik hewan buruan, dan buruan Anda tersebut selalu bergerak dan terus berlari.

Customer Anda bukanlah benda mati yang stagnan dan tidak mengalami perubahan apapun. Justru sebaliknya, customer Anda terus mengalami perubahan-perubahan yang luar biasa cepatnya. Perilaku customer cepat mengalami perubahan. Terlebih di era digital seperti saat ini. Behavior, value, goal, habit dan preferensi customer Anda akan selalu mengalami pergeseran. Perubahan-perubahan dari customer ini bisa dipastikan akan mempengaruhi bisnis Anda.

Anda bisa amati kejadian-kejadian akhir-akhir ini. Banyak toko-toko retail tutup. Tergesernya taxi konvesional dengan taxi online. Bahkan perusahaan sekelas Matahari dan Ramayana juga tidak bisa mempertahankan gerai-gerainya di berbagai kota. Ini tidak bisa dipungkiri salah satu penyebabnya adalah adanya perubahan dan pergeseran perilaku customer dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhannya

Sebagai pelaku usaha, jika Anda tidak mengantisipasi hal ini, maka usaha Anda bukan tidak mungkin akan mengalami nasib yang sama dengan perusahaan-perusahaan di atas. Jangan pernah lagi menganggap bahwa customer itu sebagai target market yang diam. Anggaplah customer Anda itu sebagai target market yang bergerak.

Anda tidak bisa menjadikan customer Anda menjadi target market yang diam tanpa perubahan. Itu tidak mungkin, karena hal itu di luar kontrol Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan pergerakan customer selalu dalam jangkauan ‘bidikan’ Anda. Karena itu, jika customer ‘bergerak’, Anda pun juga harus ‘bergerak’ supaya jangkauan bidikan Anda terjaga

Semua perubahan yang terjadi di customer, Anda harus tahu dan bisa mengantisipasinya. Boleh jadi Anda sudah membuat buyer persona di awal-awal memulai bisnis. Jangan terlena dengan buyer persona yang sudah usang. Perbaharui buyer persona Anda, sehingga menjadi up to date dan Anda tidak kehilangan customer.

Jadi selalu ingat, bahwa customer Anda adalah target market yang bergerak. Karena itu, Anda pun juga harus bisa menjadi pembidik target yang cerdik untuk bisa mengikutinya.

#FreeWriting14

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top