Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dari Nol ?

Mulai minggu ini, saya akan mengisi acara terbaru di Niaga TV. Nama acaranya adalah Ngopi Bisnis. Konsep acara ini antara lain akan banyak diisi dengan tanya jawab seputar bisnis.

Pertanyaan yang sudah masuk banyak yang menanyakan seputar bagaimana cara memulai bisnis dari nol?

Untuk pertanyaan di atas, jawaban saya akan selalu sama, yaitu berisi beberapa point berikut ini :

1. Belajarlah Jualan

Jika Anda ingin memulai bisnis, dan pengetahuan Anda tentang bisnis masih nol, maka langkah awal penting yang harus Anda lakukan adalah belajar jualan. Ingin sukses bisnis, Anda wajib menjadi penjual yang handal. Kelemahan Anda di bidang penjualan akan menjadi penyebab kegagalan utama di bisnis Anda.

Di era sekarang ini, cara jualan produk bukan lagi harus keliling-keliling seperti sales tempo doeloe. Anda bisa menggunakan hp Anda untuk jualan. Karena itu, skill jualan online bisa menjadi pembelajaran awal Anda. Belajarlah cara jualan di facebook, instagram, whatsapp, marketplace, dan lain sebagainya

Anda bisa lihat video-video saya di Niaga TV yang sudah ada di youtube sebagai langkah awal. Dan jika ingin lebih serius, hadirlah di kelas-kelas pembelajaran online yang sudah menjamur di berbagai kota

Jualan adalah ilmu inti dari bisnis. Tujuan dari bisnis salah satunya adalah Anda bisa menciptakan customer. Ini hanya bisa Anda lakukan dengan menjual produk Anda.

Pelajari ilmu jualan, sehingga Anda dengan mudah bisa menjual produk Anda kepada customer baru

2. Carilah Produk Yang Laris

Jangan terlalu idealis dengan hanya menjual produk yang Anda punya atau produk yang Anda suka. Carilah produk laris yang disukai oleh konsumen. Dengan kata lain, carilah produk yang sudah ada pasarnya dan pasarnya  besar.

Anda boleh idealis dengan menjual produk yang Anda suka, asal Anda sudah jago jualan. Tapi jika Anda masih pemula di bisnis dan belum jago jualan, ‘mengalah’ dulu saja dengan menjual produk yang gampang jualannya, yaitu produk dengan target market yang jelas, jumlahnya banyak dan mudah dijangkau.

Produk-produk semacam fashion, kesehatan, dan produk kebutuhan sehari-hari bisa menjadi contoh untuk pembahasan ini

3. Mulai Dari Modal Kecil

Jika masih pemula di bisnis, ingat ya… jangan sekali-kali berani menggunakan modal besar untuk memulai bisnis. Apalagi  modal tersebut pinjaman, plus dengan sistem riba. Wah … ini pasti ngeRibanget.

Ingat, bisnis itu ada proses pembelajarannya. Ada masa latihannya yang membutuhkan waktu. Dan itu Anda lakukan di awal-awal memulai bisnis.

Gunakan modal sekecil-kecilnya agar ketika Anda gagal, kejadian tersebut tidak menjadi peristiwa yang menyengsarakan.

Walau Anda saat ini punya modal yang besar, dan Anda sudah siap kehilangan modal tersebut jika bisnis gagal, saran saya tetap gunakan modal sekecil-kecilnya saat memulai bisnis. Lebih baik gunakan sebagian uang Anda itu untuk investasi di pembelajaran bisnis, misalnya membeli buku, mengikuti seminar, workshop, training dan sebagainya.

Hati-hati juga saat Anda memulai bisnis bersama orang lain. Tetap gunakan prinsip penggunaan modal sekecil-kecilnya. Jangan mudah terbujuk rayu rekan bisnis Anda, jika Anda pada posisi penyedia modal.

4. Jadilah pembelajar sejati

di awal saya sudah menyampaikan pentingnya belajar ilmu jualan. Selanjutnya sudah pasti Anda wajib menjadi pembelajar sejati untuk ilmu-ilmu bisnis yang lain.

Kunci sukses bisnis yang sudah diketahui banyak orang, namun sedikit yang menjalankannya, adalah belajar. Siapa yang tidak tahu bahwa jika ingin sukses di bidang apapun, maka seseorang harus belajar ? Semua orang pasti tahu. Namun coba amati, berapa banyak yang bisa menjadi pembelajar sejati ? Jumlahnya sedikit.

Sedikitnya jumlah orang yang bersedia untuk belajar, menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Karena bisa disimpulkan bahwa jumlah pesaing berat Anda sebenarnya sedikit. Jadi putuskan untuk menjadi pembelajar sejati

Itulah empat hal bagaimana cara Anda memulai bisnis dari nol. Tentu ada banyak langkah lain yang harus dilakukan. InsyaAllah saya akan sampaikan di lain waktu melalui blog ini

 

#freeWriting30

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top