Apa Sih Brand Itu ?

Apa sih Brand itu ?

Bicara tentang brand, saat ini sangat menarik. Karena di tengah kompetisi yang semakin menggila, brand menjadi jalan keluar yang tepat. Persaingan di era sekarang ini benar-benar hiperkompetitif. Perusahaan yang tidak bisa mengatasi perdaingan, maka bisa dipastikan akan stagnan dan bahkan mengalami kebangkrutan. Nah, brand menjadi salah satu strategy penting untuk perusahaan dalam menghadapi perdaingan.

Mengapa brand menjadi penting dalam mengadapi perdaingan ? Salah satu yang menjadi sebabnya adalah dengan memiliki brand yang kuat, maka perusahaan tidak lagi bermain di perdaingan harga. Brand memberikan persepsi kepada customer bahwa produk atau perusahaan memiliki nilai lebih dibanding kompetotor.

Sebenarnya, apa soh brand itu ? Brand adalah makna atau persepsi. Ingat kata kunci ini. Brand adalah makna atau persepsi. Secara ringkas, brand adalah makna atau persepsi orang terhadap produk atau perusahaan Anda. Karena brand itu adalah persepsi atau makna, maka brand letalnya di pikiran dan di hati pelanggan Anda.

Dengan demikian, brand sebenarnya adalah apa yang dirasakan, dilihat, didengar, dikatakan oleh pelanggan Anda tentang produk dan perusahaan Anda.

Jika sebuah brand ditanyakan kepada banyak orang, maka bisa jadi persepsi atau maknanya akan berbeda-beda. Dan makna yang disematkan orang-orang bisa jadi positif atau negatif. Misalnya, Anda sudah punya usaha restoran selama 10 tahun. Dan Anda mencoba untuk bertanya kepada 100 orang secara acak berkenaan dengan brand Anda, maka bisa jadi jawaban mereka bisa bervariasi. Ada yang memaknai brand Anda sebagai kualitas, lezat, kenyamanan, keramahan, kecepatan, restoran terbesar dan makna positif lainnya. Namun bisa jadi karena perusahaan Anda masih dalam tahap pengembangan, ada makna-makna negatif yang disampaikan oleh. Audience, misalnya kuranh bersih, mahal, dan sebagaimya.

Sekarang coba Anda sebutkan makna apa ketika daya menyebutkan brand-brand terkenal ini, misalnya KFC, Mc Donal, dan Coca Cola. Maka akan ada kata-kata tertantu yang mewakili brand-brand itu. Dan karena brand-brand besar itu sudah besar dan mapan, maka makna-makna yang Anda sebutkan saya yakin kebanyakan akan positif

Sebagai latihan, jika saat ini Anda sudah memiliki usaha, kira-kira apa makna yang akan dilekatkan ke usaha Anda tersebut oleh pelanggan Anda ? Sebutkan 5 saja. Dan saya berharap, makna-makna tersebut semuanya positif. Jikapun ada makna atau persepsi yang negatif, maka jangan bersedih hati, Anda bisa melakukan perubahan agar menjadi positif.

Saya akan sambung bicara tentang brand ini di lain waktu….

#FreeWriting5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top