Akun Medsos Anda Cerminan Diri Anda

Media sosial apa yang Anda gunakan saat ini ? Kalau saya boleh menebak, Anda saat ini aktif di facebook, instagram, twitter, dan telegram. Ke empat media sosial itu yang paling populer saat ini di Indonesia. Mungkin Anda juga punya akun medsos lainnya, hanya saja biasanya pemakainnya tidak seintensif keempat media tersebut. Dari keempat media itu, survey juga menunjukkan bahwa jumlah pengguna facebook paling banyak.

Berdasarkan pengamatan saya, akun media sosial ini benar-benar sarana efektif untuk membangun personal brand. Akun medsos Anda dianggap mewakili diri Anda oleh yang membacanya. Dan akun medsos Anda itu menciptakan makna dan persepsi tersendiri bagi yang membacanya. Apa-apa yang Anda posting, itu akan membentuk persepsi tertentu. Dan boleh jadi persepsi orang terhadap Anda jauh berbeda dengan keadaan Anda sebenarnya. Misalnya di dunia nyata sebenarnya Anda adalah orang yang lucu dan ramah, namun di medsos Anda bisa dipersepsikan judes dan garang karena postingan Anda isinya banyak yang negatif

Maka jangan heran, ketika teman lama Anda mengira Anda sudah berubah dan berbeda dengan yang dulu, hanya karena melihat akun medsos Anda. Padahal sebenarnya Anda sama saja dahulu dengan sekarang. Itu disebabkan teman Anda tadi hanya melihat diri Anda dari postingan di akun Anda. Sementara postingan Anda sebenarnya tidak mewakili diri Anda sepenuhnya. Karena toh yang diposting di medsos terbatas hanya yang ingin Anda posting. Namun karena orang itu mempersepsikan sesuatu hanya berdasar apa yang diterima panca inderanya, dan itu hanya via medsos, maka jangan salahkan teman Anda tersebut jika menganggap Anda sudah berubah.

Lalu bagaimana sebenarnya langkah yang tepat untuk menggunakan medsos ? Menurut saya kembali ke tujuan Anda. Apa sebenarnya tujuan Anda menggunakan media sosial ? Pentingkah personal branding bagi Anda ? Jika penting citra apa yang ingin Anda kesankan terhadap diri Anda ?

Jika Anda sudah menentukan tujuan tadi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan posting yang kontennya sesuai dengan tujuan tadi. Dan yang perlu Anda perhatikan, semua postingan Anda itu akan membentuk kepribadian Anda di mata khalayak yang membacanya. Dengan kata lain, akun medsos Anda itu punya kepribadian. Dan boleh jadi ‘kepribadian medsos’ Anda dan kepribadian asli Anda itu berbeda, karena postingan Anda. Karena itu hati-hati dalam memposting sesuatu. Postingan yang baik akan membentuk ‘kepribadian medsos’ yang baik. Tapi postingan yang jelek juga akan membentuk ‘kepribadian’ yang jelek. Akun Anda adalah wakil yang sempurna untuk diri Anda

‘Kepribadian medsos’ inilah yang sebenarnya personal brand yang mau tidak mau harus Anda terima, baik atau buruk. Itulah Anda di mata orang lain, bahkan mungkin teman-teman Anda. Anda boleh saja mengklaim bahwa Anda bukan demikian, namun kenyataanya orang akan lebih peecaya dengan akun medsos Anda dibanding pengakuan Anda.

Sekarang coba amati akun teman-teman Anda dan baca 25 postingan terakhir atau postingan dalam satu tahun. Apa kesan Anda ? Seperti apa gambaran kepribadian teman-teman Anda ? Saya yakin, setelah Anda membaca postingan-postingan sebuah akun, akan muncul berbagai persepsi dalam kata sifat, semisal : cerdas atau bodoh, halus atau kasar, sombong atau rendah hati, ahli atau sok tahu, penyayang atau pendendam, sabar atau pemarah, obyektif atau subyektif, semangat atau loyo, dan sebagainya.

Sekarang tiba waktunya memeriksa postingan-postingan akun Anda sendiri. Posisikan diri Anda sebagai orang lain yang sedang membaca dengan teliti semua postingan Anda. Setelah selesai, apa kira-kira kesan dan persepsi setelah membaca semua postingan Anda ? Positif atau negatif ? Apakah persepsi tersebut sudah sesuai dengan keinginan Anda ?

Akhirnya, jika personal brand itu tidak penting sama sekali bagi Anda dan Anda tidak peduli persepsi orang lain terhadap Anda, tentu Anda tidak perlu capek-capek memikirkan konten yang akan Anda posting. Anda bebas posting apa saja sesuai dengan keinginan Anda.

Hidup memang pilihan. Anda bisa memilih yang terbaik untuk masa depan Anda

#FreeWriting11

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top