8 Media Pembelajaran Ini Layak Ada Di HP Anda

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa jika Anda ingin sukses berkesinambungan (sustainable) di bidang apapun, maka Anda harus memuliki habit belajar. Jika dulu media pembelajaran terbatas dengan buku fisik, maka saat ini Anda memiliki lebih banyak pilihan media yang sangat efektif dan menarik.

Bahkan media-media pembelajaran itu bisa Anda instal di HP Anda. Anda bisa belajar kapan saja dan dimana saja, karena semua ada di HP.

Beberapa media pembelajaran yang saya gunakan untuk belajar untuk belajar bisnis dan saya install di HP antara lain ;

1. Kindle

Kindle adalah aplikasi yang disediakan oleh Amazon untuk membaca buku-buku yang mereka jual dalam versi digital. Saya termasuk penggemar buku-buku bisnis. Jumlah buku bisnis  versi fisik ada ribuan jumlahnya di rumah saya. Karena jumlahnya sedemikian banyak, rak perpustakaan sudah tidak mampu menampung. Kecepatan membeli buku ternyata lebih cepat dibanding penyediaan jumlah rak. Akibatnya, buku-buku kadang tercecer dan sulit untuk ditemukan saat saya membutuhkan buku tersebut

Karena itulah, saat ini saya lebih menyukai membeli buku versi digital yang bisa saya baca di Kindle. Terlebih harga yang ditawarkan Amazon untuk versi digital ini lebih murah, plus tanpa ongkos kirim. Ini tentu saja sangat menghemat biaya.

Masalah kesulitan mencari buku yang selama ini saya alami di atas, tidak lagi muncul. Saya bisa mencari buku yang sudah saya beli dengan mudah di kindle melalui fasilitas ‘search’

Saat tulisan ini saya buat, di Kindle saya sudah tersedia lebih dari 250 buku yang menunggu giliran untuk saya baca

2. Play Books

Play Books adalah aplikasi pembaca buku yang dibuat oleh Google. Anda bisa membaca buku yang Anda beli dari Google Play Store dengan aplikasi ini. Secara fungsi play books sama  dengan Kindle

Ketika ingin membeli sebuah buku versi digital, saya biasaya membandingkan harga antara di Amazon dengan Google Play. Seringkali harga di Google Play jauh lebih murah dibanding dengan Amazon. Selisih bisa mancapai Rp 50.000 – Rp 75.000 per buku. Sekali saya browsing buku, biasanya 5-10 buku saya order. Bisa Anda bayangkan berapa biaya yang bisa saya hemat dari selisih harga ini.

Sampai detik ini, ada sekitar 50 buku bisnis yang sudah saya order dan sudah saya download di Play Books

 

3. SCOOP

Kalau Kindle dan Play Book dibuat oleh perusahaan luar negeri, maka Scoop adalah produk dalam negeri. Aplikasi ini dalam waktu dekat akan berganti nama menjadi Gramedia Digital. Scoop sebenarnya sudah lama diakuisisi oleh Gramedia, tepatnya Desember 2016 lalu. Entah mengapa baru sekarang nama Gramedia dimunculkan di aplikasi. Boleh jadi brand Scoop kurang berhasil sehingga perlu didingkrak dengan mengganti menjadi Granedia Digital

Jika Anda ingin membeli buku-buku lokal berbahasa Indonesia versi digital, maka Anda bisa install aplikasi ini. Selain buku, Anda juga bisa membeli bacaan jenis lain, semisal majalah, tabloid, dan koran di aplikasi ini

Hingga saat ini, saya sudah membeli sekitar 45 buku melalui aplikasi ini.

4. Get Abstract

Anda malas baca buku namun ingin mengetahui intisari sebuah buku ? Jangan khawatir. Get Abstract bisa menjadi solusi yang Anda dambakan.

Get Abstract menyediakan ribuan ringkasan buku-buku bisnis. Rata-rata ringkasan (summary) terdiri dari 8-10 halaman. Jadi buku dengan 200-300 halaman, ringkasannya  cukup  Anda baca dalam hitungan menit.

Get Abstract ini sistemnya berlangganan bulanan / tahunan. Saat tulisan ini saya buat, biaya berlangganan Get Abstract adalah Rp 439.000/bulan

 

5. Scribd

Scribd ini adalah aplikasi yang menyediakan buku-buku dan aneka sumber informasi berbasis text yang bisa Anda baca. Ada banyak buku dan informasi yang secara gratis bisa Anda baca di aplikasi ini. Namun untuk buku-buku komersil, maka Anda hanya bisa membaca secara utuh  jika menjadi member premium.

Di Scribd, Anda mendapatkan jatah 3 buku per bulan, dengan biaya langganan saat ini Rp 129.000. Harga ini menurut saya lebih murah dibanding jika Anda membeli buku satuan di Amazon.

 

6. Udemy

Jika beberapa aplikasi sebelumnya mengusung konten berupa buku atau text, maka udemy adalah aplikasi yang menyediakan video-video pembelajaran (course / kursus).

Ada puluhan pembelajaran bisnis yang saya ikuti melalui aplikasi keren ini.

7. Lynda

Lynda ini mirip dengan Udemy. Lynda menyediakan lebih dari 6000 jenis video pembelajaran di berbagai bidang (bukan hanya bisnis). Sistem pembayaran lynda adalah membership, sebesar Usd 34.99 / bulan

Jika Anda sudah berlangganan, maka Anda bebas untuk menikmati video-video pembelajaran yang Anda suka

7. blinkist

Blinkist adalah aplikasi yang menyediakan ringkasan buku-buku populer. Saya baru saja berlangganan di aplikasi ini. Saya lihat aplikasi ini khusus menyediakan materi-materi seputar bisnis yang dirangkum dari buku-buku.

8. Files

Kebetulan saat ini saya menggunakan iphone. Di Iphone ada aplikasi namanya Files. Files memudahkan Anda dalam manajemen file. Files menghubungkan berbagai platform penyimpan file seperti Icloud, google drive dan dropbox serta lokasi penyimpanan file di iphone sendiri. Sehingga, ketika Anda menyimpan file di iphone dan semua platform tadi, maka Anda dengan mudah bisa mengakses dari iphone Anda.

Kegunaan dari aplikasi Files ini dalam pembelajaran adalah, Anda bisa menyimpan file-file semisal buku dan video yang akan Anda pelajari melalui HP. Seperti yang saya lakukan saat ini, saya menyimpan beberpaa file buku dan video bisnis di Icloud. Sehingga saya bisa membuka kapan saja dan dimana saja melalui iphone. Jika Anda menggunakan perangkat komunikasi selain iphone, silahkan cari aplikasi sejenis ini.

—-

Demikianlah 8 Aplikasi yang bisa Anda jadikan sebagai media belajar di era sekarang ini. Yang perlu Anda selalu ingat adalah bahwa belajar adalah habitnya orang yang sukses. Maka lakukan habit ini dengan gembira …..

Semoga bermanfaat

 

Al Arif

 

 

#FreeWriting24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top