50 % Budget Marketing Anda Sia-Sia !

Hari ini saya membaca sebuah buku yang membahas tentang metrik marketing. Dalam satu bahasan disebutkan sebuah kalimat  yang pernah diungkapkan oleh pengusaha 100 tahun lalu. Dia mengatakan,” Setengah uang yang saya belanjakan untuk marketing sia-sia. Masalahnya adalah, saya tidak tahu setengah itu yang mana.”

Walaupun kalimat itu disampaikan 100 tahun yang lalu, rasanya masih relevan dengan keadaan kita saat ini. Betapa banyak pengusaha, termasuk saya, yang kadang mengabaikan biaya-biaya marketing yang rutin dikeluarkan, tanpa melihat efektifitasnya.

Terlebih jika sebuah usaha yang sudah mapan, dengan budget marketing dengan nilai besar dan dan secara cashflow masih bagus. Perusahaan semacam ini kadang lalai dan abai terhadap pengeluaran-pengeluaran yang percuma dan tanpa hasil. Ketika perusahaan mengalami kemunduran secara omzet, baru menyadari pentingnya mengevaluasi pos-pos pengeluaran, termasuk pos pengeluaran di bidang marketing.

Kebiasaan memeriksa budget secara reguler dikaitkan dengan efektifitas hasil tentu harus menjadi habit seorang pengusaha. Hal ini dilakukan agar budget-budget yang mestinya bisa dihemat dan digunakan untuk yang lebih penting, bisa diselamatkan. Termasuk dalam hal ini di bidang marketing. Marketing wajib ada budget. Namun bukan berarti budget dikeluarkan tanpa ada kontrol dan evaluasi.

Judul artikel ini sedikit mengutip kalimat yang disampaikan oleh pengusaha di atas. Saya berharap Anda mulai waspada terhadap segala bentuk pengeluaran, khususnya di bidang marketing. Waspada bukan berarti Anda menjadi ‘pelit’ untuk membiayai kegiatan marketing. Namun, waspada yang saya maksud adalah bahwa Anda benar-benar melihat dan mengawasi segala bentuk pengeluaran dengan mempertimbangkan hasilnya. Pastikan segala budget marketing memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan usaha Anda. Lakukan pengukuran terhadap semua program marketing Anda, sehingga Anda tahu mana program yang efektif dan mana program yang hanya membuang-buang uang.

Ada baiknya secara reguler Anda mengevaluasi semua kegiatan marketing. Sehingga Anda tahu, mana saja kegiatan marketing yang layak diteruskan dan mana yang harus dihentikan.

Demikianlah betapa pentingnya pengukuran untuk marketing Anda. Jangan biarkan 50 % budget marketing Anda “menguap” tanpa hasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top