5 Prinsip Penting Untuk Menjalankan Habit Baru yang Positif

Apa keinginan besar Anda dalam hidup ini ? Apa visi yang ingin Anda raih 10 tahun mendatang ? Seperti apa gambaran ideal Anda ketika Anda berapa di puncak kesuksesan ?

Jika Anda saat ini belum menetapkan visi jangka panjang Anda, maka segera lakukan . Karena kunci meraih sukses apapun di dunia ini selalu dimulai dengan adanya visi.

Pertanyaan pentingnya adalah, jika Anda sudah memiliki visi atau keinginan apapun dalam hidup ini, bagaimana cara mencapainya ?

Satu hal yang harus selalu Anda ingat bahwa untuk mewujudkan visi besar, Anda membutuhkan habit atau kebiasaan positif yang bisa mengantarkan Anda meraih visi tersebut. Anda tidak bisa mewujudkan visi jika Anda melakukan kebiasaan yang sama dengan yang Anda lakukan saat ini. Jika Anda melakukan kebiasaan yang sama, maka hasil yang akan Anda raih juga sama dengan sebelum-sebelumnya.

Karena itulah, disaat Anda sudah menetapkan visi ataupun sudah merancang goal, maka langkah berikutnya adalah merubah habit atau kebiasaan sehari-hari. Jenis-jenis habit yang perlu Anda lakukan tergantung dari visi Anda apa. Misalnya visi Anda untuk kesehatan adalah mendapatkan berat badan ideal 65 kg dan terus mempertahankannya serta memiliki bentuk tubuh yang atletis, maka Anda membutuhkan habit baru berupa olah raga reguler, makan dan minum dijaga, dan sebagainya. Contoh lain, jika visi finansial Anda ingin memiliki income bulanan 100 juta, maka Anda menjalankan habit banyak membaca buku, networking, mencari ide dan mengembangkan usaha, rutin ikut seminar, dan sebagainya.

Habit-habit yang tidak biasa Anda lakukan tentu membutuhkan perjuangan untuk membiasakannya.   Sayangnya banyak yang gagal untuk membiasakan habit yang merupakan syarat untuk mencapai visi. Sehingga visi yang sudah diranjang dengan rapi tidak pernah terwujud karena minim aksi.

Bagaimana sebenarnya cara agar Anda bisa menjalankan habit baru yang positif untuk menggapai impian Anda ?

Setidaknya ada 5 prinsip utama yang bisa memudahkan Anda menjalankan habit baru, yaitu :

1. Niat yang menggelora

Langkah pertama memulai habit baru adalah memperkuat niat Anda. Tanpa niat yang kuat, maka visi sekecil apapun tidak bisa diwujudkan. Apalagi visi yang besar.

Agar memiliki niat yang kuat, maka Anda harus memiliki alasan yang tepat dan menggairahkan mengapa Anda harus mencapai visi tersebut. Anda harus menemukan “why” dari impian Anda. Bayangkan kenikmatan atau kebahagiaan yang akan Anda capai tatkala Anda bisa mewujudkan impian Anda. Dan bayangkan juga kesengsaraan yang akan Anda terima jika Anda tidak berhasil mencapainya. Anda harus tahu kenikmatan (pleasure) maupun kesengsaraan (pain) akibat tercapai atau tidak tercapainya impian Anda

Misalnya ketika Anda memimpikan berat badan yand ideal, maka bayangkan betapa bahagianya hidup Anda ketika  Anda berhasil mewujudkannya. Dan bayangkan dengan sungguh-sungguh kesedihan dan ketidaknyamanan hidup tatkala Anda gagal mewujudkan berat badan ideal, alias gendut maksimal.

2. Jangan Setengah-Setengah

Ketika Anda sudah menetapkan sebuah visi hidup, maka jangan setengah-setengah menyikapinya. Karena visi Anda menyangkut masa depan Anda. Bagaimana mungkin Anda bersikap setengah-setengah terhadap hidup Anda. Visi Anda bukanlah cerita karangan dari guru Anda, yang ketika Sudah Anda setorkan bisa Anda abaikan

Jika Anda sudah menganggap bahwa visi Anda adalah masa depan Anda, maka raih visi Anda secara totalitas, jangan setengah-setengah. Wujudkan impian Anda dengan segala kekuatan dan potensi yang Anda miliki. Jangan pernah menyerah dalam melangkah. Takhlukkan semua hambatan dengan tegar dan penuh tanggung jawab.

Termasuk setangah-setengah disini adalah ketika Anda ingin memulai habit baru, namun perilaku Anda masih tersandera habit lama. Misalnya Anda ingin diet, namun di rumah selalu menyediakan makanan yang tidak sehat ataupun Anda masih sesekali makan fast food.

Totalitas dalam menjalani habit baru menjadi kunci sukses untuk mempercepat apapun yang Anda inginkan.

 

3. Latih Fisik Anda

Setelah secara mental Anda siap dengan niat yang sungguh-sungguh disertai dengan sikap totalitas, maka langkah selanjutnya adalah melatih fisik Anda untuk menjalankan habit yang Anda pilih.

Fisik Anda perlu latihan untuk membiasakan sesuatu yang baru. Misalnya saya Anda tidak terbiasa membaca buku, maka ketika memulai kebiasaan membaca buku tentu butuh kesabaran. Mata Anda akan cepat lelah, rasa bosan cepat datang dan akhirnya Anda menghentikan membaca buku. Hal seperti ini wajar terjadi. Tubuh Anda melakukan penolakan terhadap aktivitas baru. Paksa terus dan jadikan rutinitas. Ketika kegiatan sudah berlangsung rutin, maka tubuh fisik Anda akan secara otomatis merasa ringan untuk melakukannya.

Contoh lain, ketika Anda ingin punya habit bangun lebih pagi. Saat bangun pagi pertama kali, tubuh akan terasa berat dan masih mengantuk. Namun ketika bangun pagi sudah menjadi kebiasaan, secara  otomatis Anda bangun tanpa harus menggunakan alarm

4. Segera bertindak

Ketika Anda sudah menetapkan visi dan ingin memiliki habit baru untuk mencapai visi tersebut, maka segera lakukan. Jangan menunda-nunda apa yang sudah Anda rencanakan. Penundaan hanya akan melemahkan niat dan semangat Anda. Penundaan juga akan berakibat Anda mentolelir sikap negatif dalam diri. Sekali menunda sesuatu, maka akan berulang untuk seterusnya.

Jangan biarkan penundaan menguasai hidup Anda. Jika penundaan itu sudah menjadi kebiasaan, maka segala sesuatu terlihat oleh Anda layak untuk ditunda. Ini sungguh sangat mengerikan. Hidup Anda tidak akan kemana-mana jika masih biasa menunda sesuatu

Misalnya Anda ingin membiasakan membaca buku satu hari per minggu. Maka segera take action. Beli buku dan tuntaskan membaca. Lanjutkan terus membaca buku-buku yang lainnya hingga kegiatan ini menjadi habit

5. Stop berdalih

Saat Anda sudah menetapkan sesuatu sebagai kebiasaan baru Anda, maka jalankan dengan penuh komitmen sampai berhasil. Tidak ada alasan lagi untuk menunda dan tidak menjalankannya.

Tidak ada pengecualian untuk melanggar habit yang sudah anda jalankan.

Misalnya saja Anda sudah berkomitmen untuk menjalankan diet. Suatu hari Anda mendatang resepsi pernikahan rekan bisnis Anda.  Di lokasi Anda mendapati aneka makanan lezat yang menggoda selera makan Anda. Maka tidak ada alasan apapun bagi Anda yang membolehkan untuk mencicipi makanan tadi, walau hanya secuil

 

Itulah lima prinsip utama yang akan memudahkan Anda memulai dan menjalankan habit baru Anda. Tidak ada sukses yang bisa diraih tanpa habit yang dilakukan secara terus menerus. Dan untuk menjalankan habit membutuhkan ke lima prinsip di atad

 

#freewriting26

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top